Supremasi hukum butuh peran PT & mahasiswa

Selasa, 04 Februari 2014 - 01:46 WIB
Supremasi hukum butuh peran PT & mahasiswa
Supremasi hukum butuh peran PT & mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Indonesia sebagai negara hukum, telah tertuang dalam dasar negara. Sebagai negara demokrasi, perwujudan supremasi hukum sebagai landasan kehidupan Indonesia, bukanlah pekerjaan mudah.

Hal itu dikatakan Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Prof Dr Djohan. Menurutnya, dibutuhkan peran dari masyarakat Indonesia, termasuk Perguruan Tinggi (PT) dan mahasiswa.

"Mahasiswa memiliki peran ganda dalam sejarah Indonesia yakni sebagai penentu kecenderungan sekaligus pencair kebekuan ketika keadaan negara sedang dalam kemelut. Hal ini membuat peran mahasiswa, termasuk lembaganya yakni PT mampu berperan lebih," kata Prof Dr Djohan di Yogyakarta, Senin 3 Februari 2014.

Djohan menuturkan, hukum harus menjadi landasan dalam dinamika kehidupan berkenegaraan dan bukan masuk dalam politik atau ekonomi. Saat inipun masih banyak pembiaran terhadap pelanggaran hukum baik oleh negara maupun masyarakat.

"Melalui gerakan mahasiswa yang berpusat pada tuntutan akan kebebasan, keadilan dan perbaikan asa depan, para generasi muda ini mampu menjadi agen perubahan. Perubahan yang dimaksud tentu ke arah pembaharuan kehidupan yang lebih baik," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0746 seconds (0.1#10.140)