SPS gelar kompetisi cover media cetak

Senin, 27 Januari 2014 - 21:11 WIB
SPS gelar kompetisi cover media cetak
SPS gelar kompetisi cover media cetak
A A A
Sindonews.com - Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat untuk kelima kalinya bakal menggelar kompetisi sampul muka (cover) media cetak komersial se-Indonesia, dengan tajuk Indonesia Print Media Awards (IPMA).

Malam anugerah ajang adu kreasi cover surat kabar harian, majalah, dan tabloid ini, akan berlangsung di Bengkulu, Sabtu 8 Februari 2014 mendatang, seperti dalam keterangan pers yang diterima Sindonews, Senin (27/1/2014).

Menyertai pagelaran IPMA 2014, untuk ketiga kalinya juga akan diselenggarakan penghargaan bagi sampul muka majalah internal korporasi dan lembaga yang sejak 2012 sudah eksis dengan titel Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA). Malam anugerah InMA 2014 berlangsung berbarengan dengan awarding night IPMA.

Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan di Bengkulu itu setidaknya akan dihadiri 200 pimpinan perusahaan pers anggota SPS dan 100 perwakilan korporasi dari seluruh Indonesia, di luar lebih dari 500 pimpinan redaksi media massa se-Indonesia yang akan menghadiri peringatan HPN.

Antusias peserta dari tahun ke tahun dinilai semakin tinggi. Terlihat dari jumlah entri IPMA dan InMA yang diterima panitia semakin bertambah, di tahun 2013 jumlah entri IPMA sebanyak 671 karya, dan entri InMA sebanyak 149 karya. Total entri IPMA tahun ini mencapai 749 karya dari 202 perusahaan pers, sedangkan entri InMA totalnya 201 karya dari 58 lembaga.

Penjurian IPMA dan InMA masih berlangsung hingga hari ini di Aula Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Gedung Dewan Pers lantai 6, Jalan Kebon Sirih 32-34 Jakarta Pusat.

Adapun Juri yang menilai adalah Daniel Surya/Almira Shinanta – President&Chairman/Managing Director DM-Idholland, Oscar Motuloh – Direktur Foto Galeri Antara, Ndang Sutisna – Executive Director Creative First Position, Dr Gunawan Alif – Akademisi UI, Troy Pantouw – Direktur Komunikasi PT Danone Aqua, dan Sam August Himmawan – Director DASA Strategic Communication.

Direncanakan, Ketua Umum SPS Pusat Dahlan Iskan akan menyerahkan langsung trophy bagi para pemenang IPMA dan InMA di Bengkulu.

Di "Tanah Fatmawati", SPS juga menggelar pula kegiatan Indonesia Tourism Awards & Summit (ITAS) 2014, CEO Media Conference dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas), yang diagendakan Jumat 7 Februari 2014.

Mengusung tema sentral "Konvergensi di Era Multiplatform dan Tantangan Monetisasi", CEO Media Conference direncanakan menghadirkan empat pembicara. Mereka adalah Agung Adiprasetyo (CEO KKG), Azrul Ananda (CEO Koran Jawa Pos), Indriati Wirjanto (CEO MRA Media), dan Mohammad Azlan Abdullah (CEO The New Strait Times).

"Isu monetisasi platform digital kami anggap sangat relevan diangkat, seiring makin kuatnya upaya para penerbit pers memasuki ranah digital. Supaya ada pertumbuhan pendapatan baru yang signifikan diluar penjualan produk cetak dan iklan yang sudah ada selama ini," ujar Asmono.

Tak cuma membahas tren digitalisasi dan monetisasi di era multiplatform, CEO Media Conference bakal melangsungkan talk show singkat bertema Ketahanan Energi di Tahun Politik. Acara ini bakal menampilkan Direktur Utama PLN, Direktur Utama Pertamina, dan Direktur Utama Bukit Asam sebagai pembicara.

Sementara mengenai “Indonesia Tourism Awards (ITAS) 2014”, merupakan dukungan SPS terkait pengembangan industri pariwisata di Indonesia. Forum yang baru kali pertama diselenggarakan oleh SPS Pusat ini, merupakan salah satu apresiasi dan dukungan kepada pemerintah daerah, atas usahanya membangun dan mengembangkan industri pariwisata di daerah.

Ajang ini nantinya akan menjadi acara tahunan dan penghargaan atas pencapaian pembangunan industri wisata di seluruh Indonesia dalam satu tahun berjalan.

ITAS 2014 akan memberikan sejumlah penghargaan untuk kategori Destinasi Pariwisata Favorit 2014, Website Dinas Pariwisata Terbaik, Program Promosi Pariwisata Terbaik, Foto Pariwisata Terbaik Kategori Wartawan, Foto Terbaik Kategori Pegawai Dinas Pariwisata, dan Foto Pariwisata Favorit.

ITAS 2014 menghadirkan talk show bertema “Prospek Pariwisata Indonesia 2014”, dengan narasumber direncanakan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Ketua INACA Muhammad Arif Wibowo, dan Ketua ASIATA H Asnawi Bahar.

"ITAS 2014 menunjukkan komitmen masyarakat pers, khususnya SPS Pusat dalam mendorong pertumbuhan pariwisata nasional," ungkap Asmono.

Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat adalah organisasi dari pemilik perusahaan pers, khususnya cetak dan online di Indonesia. Berdiri sejak 8 Juni 1946 di Jogjakarta, kini SPS beranggotakan 471 perusahaan pers. Saat ini SPS dipimpin oleh Dahlan Iskan sebagai Ketua Umum dan Jakob Oetama sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)