SBY tetap beri perhatian untuk korban bencana

Senin, 20 Januari 2014 - 09:54 WIB
SBY tetap beri perhatian untuk korban bencana
SBY tetap beri perhatian untuk korban bencana
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap memberi perhatian terhadap bencana alam yang terjadi di tanah air.

Dalam waktu dekat, SBY berencana mendatangi pengungsi letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara (Sumut) dan korban banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Politikus Partai Demokrat Ikhsan Modjo mengatakan, SBY sejak minggu lalu sudah melakukan rapat kabinet terkait bencana alam dan memberikan instruksi kepada para menteri terkait, termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk mengambil tindakan cepat.

"Khusus untuk DKI (Jakarta), Presiden menginstruksikan bantuan langsung APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) Rp50 miliar untuk korban banjir DKI melalui BNPB," kata Ikhsan lewat pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (20/1/2014).

Dia menjelaskan, selama ini banyak pihak mengkritisi Presiden lambat menangani bencana dan dianggap tidak peduli dengan korban bencana di Sumatera Utara dan Manado karena sibuk mengurus Demokrat.

"Itu pernyataan tidak benar. Jangan lupa, Presiden melakukan kegiatan sebagai Ketum (Ketua Umum) Demokrat hanya di weekend atau hari libur," tegasnya.

Lebih lanjut Ikhsan menuturkan, bencana alam yang dihadapi di Indonesia juga dialami di belahan dunia lain, seperti gelombang panas di Australia, angin topan di beberapa negara Asia tenggara, serta cuaca dingin ekstrem di Amerika Serikat.

"Dalam kondisi alam seperti ini, saatnya semua komponen bangsa kerja sama, berkontribusi, turun langsung mengantisipasi dan membantu korban bencana. Bukannya Saling menyalahkan dan mempolitisasi isu bencana alam," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)