Lembaga survei bilang partai Islam fakir logistik

Senin, 06 Januari 2014 - 05:29 WIB
Lembaga survei bilang partai Islam fakir logistik
Lembaga survei bilang partai Islam fakir logistik
A A A
Sindonews.com - Direktur lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi mengatakan, selain minimnya tokoh kuat yang dimiliki partai Islam, menurunnya suara partai Islam juga disebabkan karena sistem multi partai ekstrim yang ada di Indonesia.

Dia mengatakan, sistem multipartai yang ekstrim, melahirkan pola catchall party atau meraup semua suara.

Pola ini menurut Burhan merupakan situasi yang tidak begitu bersahabat dengan partai Islam. "Jika semua partai menjadi catchall party maka yang dominan adalah logistik dan finansial. Rata-rata partai Islam itu fakir logistik. Kalau sudah jor-joran dari iklan maupun pencitraan, partai Islam akan kalah," kata Burhanudin, saat ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu 5 Januari 2014.

Sehingga menurutnya, partai Islam mempunyai kepentingan untuk melakukan penyederhanaan kepartaian. Semakin banyak partai, maka partai akan semakin catchall. Bahkan partai nasionalis pun tidak hanya mau menjadi partai nasionalis saja. Tetapi juga partai nasionalis-religius.

"Itu kan untuk mengambil pemilih Islam. Makanya heran juga dengan partai Islam, sudah jelas dirugikan multipartai ekstrim, tapi mereka paling tidak percaya diri kalau treshold dinaikkan. Ini yang menjadi sumber persoalan, mengapa suara partai Islam suaranya dicuri oleh partai nasionalis," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)