RUU Desa diharapkan bantu kehidupan warga desa

Jum'at, 20 Desember 2013 - 01:13 WIB
RUU Desa diharapkan bantu kehidupan warga desa
RUU Desa diharapkan bantu kehidupan warga desa
A A A
Sindonews.com - Rancangan Undang-Undang Desa (RUU Desa) akhirnya disahkan oleh DPR pada Rabu, 18 Desember 2013. RUU Desa disahkan setelah kurang lebih tujuh tahun mengalami pembahasan yang alot antara pemerintah dan DPR.

Dengan adanya RUU ini, perangkat desa akan mendapatkan penghasilan tetap tiap bulan. Desa juga akan mendapat dana bantuan secara langsung dari APBD. Serta dapat mendirikan badan usaha sendiri sesuai dengan karakteristik desa masing-masing.

Sekretaris Jenderal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ahmad Muzani mengatakan, Gerindra menyambut dengan baik disahkannya RUU Desa. “Disahkannya RUU Desa akan meningkatkan taraf pembangunan di wilayah pedesaan,“ kata Ahmad Muzani, lewat rilisnya kepada Sindonews, Kamis 19 Desember 2013.

Muzani mengatakan, permasalahan dialami oleh bangsa Indonesia adalah pembangunan yang tidak merata, dengan disahkannya RUU Desa ini pembangunan akan lebih merata. Hal tersebut akan berdampak positif dengan meningkatnya taraf kesejahteraan masyarakat desa.

“Hal lain yang tak kalah penting adalah desa dapat membangun badan usaha sendiri, Gerindra berpendapat bahwa badan usaha milik desa seharusnya diarahkan pada pembentukan koperasi unit desa," ucapnya.

"Koperasi adalah sistem yang paling tepat untuk membangun perekonomian di kawasan pedesaan. Dengan adanya koperasi maka penggunaan dana dapat diawasi dengan baik. Inilah sistem ekonomi Pancasila, yaitu ekonomi kerakyatan,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)