Bu Pur urus Hambalang ke Agus Marto dan Anny Ratnawati

Selasa, 17 Desember 2013 - 17:55 WIB
Bu Pur urus Hambalang ke Agus Marto dan Anny Ratnawati
Bu Pur urus Hambalang ke Agus Marto dan Anny Ratnawati
A A A
Sindonews.com - Syilvia Sholeh alias Bu Pur menemui mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Hermawan Wintarto Martowardojo dan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Anny Ratnawati untuk mengurusi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang milik Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Fakta itu terungkap saat mantan Sekretaris Kemenpora Wafid Muharam memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan terdakwa mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hambalang Deddy Kusdinar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Penyebutan dua sosok penting di Kemkeu saat proyek Hambalang berjalan itu saat Wafid ditanyakan oleh kuasa hukum Deddy, Syamsul Huda soal bagaimana pengurusan proyek Hambalang dan anggaran single years (tahun tunggal) ke multi years (tahun jamak).

Menurut Wafid, pengurusan izin kontrak multi years di Kemenkeu dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) secara teknis masih memungkinkan waktunya.

"Ada tim kami yang urus. Kemudian Bu ikut urus. Beliau (Bu Pur) mengatakan siap (mengurus). Saya tidak tahu yang bawa ke sana (Kemenkeu) siapa. Tapi Bu Pur bicara ke Bu Wamen (Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati yang saat itu Dirjen Anggaran) dan Pak Menteri (Agus Marto)," tegas Wafid di depan majelis hakim.

Syamsul kemudian mencecar Wafid soal berapa orang tim Bu Pur. Wafid menjelaskan, Bu Pur memiliki dua orang lagi dalam timnya yakni, Arif Gundul (Arif Gunawan) dan Widodo Wisnu Sayoko. "Pengakuan Widodo ke saya, dia sepupu Pak SBY," ungkapnya.

Dia mengaku tidak mengetahui di antara ketiga orang itu siapa yang berhasil meloloskan penganggaran Hambalang di Kemenkeu dan PU. Tetapi terpidana Wisma Atlet ini menuturkan ada orang lain yang turut mengurusi penganggaran Hambalang yakni Komisaris Utama PT Metaphora Solusi Global M Arifin.

Bahkan yang bersangkutan memainkan perannya dengan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR untuk mengontak Anny Ratnawaty. "Ada orang Banggar yang kontak ke Bu Wamen," tandasnya.

Anas santai dikaitkan dengan Bu Pur
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0279 seconds (0.1#10.140)