Kemendagri akan cek data pemilih belum miliki NIK

Jum'at, 06 Desember 2013 - 14:45 WIB
Kemendagri akan cek...
Kemendagri akan cek data pemilih belum miliki NIK
A A A
Sindonews.com - Terkait 3,3 juta pemilih yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau yang dijamin Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tak begitu saja mempercayainya.

Sebab, Kemendagri akan tetap mengecek keberadaan pemilih tersebut, walau berjanji akan memberikan NIK kepada 3,3 juta pemilih.

"Kalau KPU berani bertanggung jawab bahwa angka 3,3 juta pemilih itu ada orangnya, kita berani kasih NIK. Tapi kita tetap akan mengeceknya," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, disela-sela acara Rapat Koordinasi Nasional dalam Rangka Evaluasi Program Kebijakan Kesbangpol Tahun 2013 dan Evaluasi Program/Kegiatan Dekonsentrasi di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika kenyataannya pemilih itu tidak ada atau memang sudah memiliki NIK, pihaknya tak akan memberikan NIK lagi. Sementara mengenai 54 ribu pemilih yang masih belum jelas datanya, Mendagri mengatakan bahwa pihaknya pun tetap mengecek ke lapangan.

Setelah data kependudukannya lengkap, ujar dia, Kemendagri akan mencarikan NIK-nya. Sehingga, 54 ribu pemilih yang masih belum jelas datanya itu nantinya memiliki hak pilih di Pemilu 2014 mendatang.

Sosialisasi pemilu, KPU akan gunakan Blog.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8131 seconds (0.1#10.140)