Yusril ingin Pileg dan Pilpres 2014 dilaksanakan bersamaan

Rabu, 04 Desember 2013 - 18:03 WIB
Yusril ingin Pileg dan Pilpres 2014 dilaksanakan bersamaan
Yusril ingin Pileg dan Pilpres 2014 dilaksanakan bersamaan
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra berencana menguji materi Undang-Undang mengenai sistem pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Seharusnya, menurut dia, pemilu legislatif (pileg) dengan pemilu presiden (pilpres) dilaksanakan secara bersamaan. Bukan justru, pilpres dilaksanakan setelah pileg.

"Kami sebenarnya berjuang untuk memersatukan kedua pemilu, pileg dan pilpres. Kita ini sebenarnya harus melakukan pileg yang serentak dengan pilpres," ujar Yusril di kantornya, Gedung 88 Kota Kasablanca, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2013).

Maksud tujuan gugatan yang akan diajukannya itu yakni untuk menghapuskan syarat besaran ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold (PT), yang kini sebesar 20 persen kursi DPR RI.

"Insya Allah setiap partai politik yang menjadi peserta pemilu bisa mengusung capres dan cawapres sebelum pemilu itu digelar. Jadi tidak akan ada lagi threshold, tidak ada lagi koalisi, tapi rakyat bisa memilih capres-cawapres dengan bersamaan memilih caleg. Ini sedang kita perjuangkan dan akan kami sampaikan ke MK," katanya.

Maka dari itu, dia berharap MK akan mengabulkan gugatannya tersebut. "Mudah-mudahan ini merintis jalan baru bagi demokrasi," ungkapnya.

Yusril: Masalah bangsa tak selesai dengan blusukan
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1707 seconds (0.1#10.140)