Indonesia minim caleg yang punya integritas

Kamis, 28 November 2013 - 16:07 WIB
Indonesia minim caleg yang punya integritas
Indonesia minim caleg yang punya integritas
A A A
Sindonews.com - Koalisi antar partai politik (parpol) dipastikan masih akan mewarnai Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang. Koalisi tersebut dilakukan untuk memenangkan calon yang diusung di pemilihan presiden (pilpres).

"Padahal dari pengalaman pemilu sebelumnya, hanya sedikit jumlah calon anggota legislatif (caleg) atau bahkan calon presiden (capres) yang bertarung memperebutkan kekuasaan itu mempunyai visi, niat dan kapasitas yang cocok sebagai penyelenggara negara. Banyak dari mereka yang hanya mengandalkan relasi, uang, popularitas, nasib mujur dan loyalitas pada seseorang," ujar mantan Komisioner Komnas HAM, Johny Nelson Simanjutak, Kamis (28/11/2013).

Hal itu dikatakan Johny, dalam seminar nasional 'Peran Gereja, LPK dan PT Sebagai Internalisasi Nilai-nilai Kekristenan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Menjelang Pemilu 2014' di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Johny menuturkan, hubungan antara petarung kedudukan penguasa yang terjadi selama ini bahkan ada yang berstatus 'hubungan gelap' demi memenangkan pertarungan. Hal yang dikhawatirkannya ialah akan lebih banyak petualang politik, pecundang politik dan warga oportunis yang ikut masuk dalam arena pertarungan pada pemilu mendatang.

"Tak heran jika nantinya para calon penguasa tidak layak ini, justru meraih kekuasaan karena memiliki peluang yang besar. Dengan kondisi seperti itu, bisakah kita membangun optimisme dan berharap ada perubahan dan perbaikan pada Pemilu 2014 mendatang," tandasnya.

Baca
Tiga bulan sekali, parpol wajib laporkan dana kampanye
Tidak lapor dana kampanye, KPU sanksi parpol
KPU diminta sosialisasikan peraturan KPU ke masyarakat
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2380 seconds (0.1#10.140)