Nuning: Aksi spionase hal yang jamak

Rabu, 27 November 2013 - 05:05 WIB
Nuning: Aksi spionase hal yang jamak
Nuning: Aksi spionase hal yang jamak
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi I DPR RI Susaningtyas NH Kertopati menguraikan, kalau aksi spionase di dunia internasional, merupakan hal yang banyak dilakukan sebuah negara. Meski konvensi internasional melarang kegiatan itu.

"Sekalipun melanggar berbagai konvensi internasional, aksi sadap-menyadap atau spionase yang kini ramai dibahas di dunia internasional, sejatinya hal yang jamak saja," kata Nuning saat dihubungi Sindonews, Selasa (26/11/2013).

Wanita yang akrab disapa Nuning ini menjelaskan, kalau dalam dunia intelijen kegiatan spionase biasa disebut sebagai pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket), yang bertujuan untuk mendapatkan informasi.

"Penyadapan yang dalam kegiatan intelijen, disebut sebagai Pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) dilakukan untuk mendapatkan informasi," jelasnya.

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat ini mengatakan, kalau kegiatan mata-mata tak hanya dilakukan hampir semua negara, namun juga merambah ke organisasi swasta dan bisnis.

"Spionase dan kontra-spionase, intelijen dan kontra-intelijen terjadi di mana-mana. Hampir semua negara, bahkan organisasi swasta dan bisnis, memiliki kegiatan intelijen untuk berbagai kepentingan," tuntasnya.

Baca juga Indonesia tak pelru emosional tanggapi penyadapan.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6709 seconds (0.1#10.140)