Marzuki Alie enggan tanggapi surat balasan Australia

Senin, 25 November 2013 - 14:42 WIB
Marzuki Alie enggan tanggapi surat balasan Australia
Marzuki Alie enggan tanggapi surat balasan Australia
A A A
Sindonews.com - Terkait penyampaian surat jawaban Perdana Menteri Australia Tony Abbott, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tentang penyadapan yang dilakukan oleh Australia.

Ketua DPR RI Marzuki Alie enggan menyikapi surat balasan Abbott atas protes tetulis yang dikirim SBY sebelumnya kepada Abbott. Marzuki beralasan DPR belum mengetahui isi surat Abbott tersebut. "Saya belum tahu isi surat tesebut," ujar Marzuki, di Makassar, Senin (25/11/2013).

Menurut Marzuki, sebelumnya DPR telah menyampaikan sikapnya kepada Pemerintah Australia agar melakukan permohonan maaf kepada Pemerintah Indonesia atas tindakan penyadapan terhadap Presiden SBY dan sejumlah pejabat penting dalam negeri. "Sebagai bangsa yang bermartabat, Indonesia harus mengambil sikap agar kedaulatan kita tidak diinjak-injak oleh bangsa lain," kata dia.

Marzuki juga mengatakan, DPR tidak ingin berandai-andai memberikan jawaban atas isi surat tersebut, lantaran ia belum mengetahui jawaban dari isi surat balasan Perdana Menteri Australia tersebut kepada SBY.

Sementara itu terkait aksi penyadapan yang dilakukan oleh Australia, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan nota protes kepada Pemerintah Australia terlebih dulu. Dalam surat itu SBY meminta Australia melakukan permintaan maaf kepada Pemerintah Indonesia.

Pemerintah Australia sendiri telah menyampaikan jawaban kepada Presiden SBY secara personal dan tertutup, namun belum diketahui pasti apa isi dari jawaban tersebut, lantaran SBY belum menyampaikan jawaban tersebut kepada publik.

"Abbott abaikan RI sejak jadi oposisi Australia"
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6464 seconds (0.1#10.140)