Siti Zuhro: Money politic warisan masa lalu

Sabtu, 23 November 2013 - 14:00 WIB
Siti Zuhro: Money politic warisan masa lalu
Siti Zuhro: Money politic warisan masa lalu
A A A
Sindonews.com - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyebutkan, money politic sebagai warisan berkesinambungan yang telah terjadi pada tiga kali pemilu, sejak reformasi hingga sekarang.

"Politik uang masih digunakan para politikus untuk meraih simpati massa, dan memenangkan partai. Dinamika internal masih sama, top down, senioritas. Dan korupsi yang luar biasa kesinambungannya. Menurut saya, perselingkuhannya lebih nyata, dalam pilkada sekarang," katanya di Jakarta, Sabtu (23/10/2013).

Meski demikian, perempuan yang kerap disapa Wiwieq ini optimis, Pemilu 2014 merupakan starting poin untuk mengakhiri warisan buruk tersebut.

Dia mengatakan, adanya desakan dan tekanan dari publik, mengubah peta kekuatan partai politik (parpol) dalam pemilu.

"Ini puncaknya. Saya melihat sebagai starting poin untuk membenahi. Jadi sekarang ini ada kekhawatiran luar biasa, terhadap terbangunnya trias korupsi tadi," ucap alumnus Universitas Jember ini.

Lebih lanjut Siti menuturkan, perselingkuhan birokrasi, politik, hukum harus disetop. "Kuncinya tekanan civil society yang semakin nyata, dan peran media yang menyajikan sorotan tajam tentang perilaku korupsi elite-elite partai," ungkapnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2792 seconds (0.1#10.140)