Jenderal Sutarman janji akan kawal pengamanan Pemilu 2014

Kamis, 14 November 2013 - 14:56 WIB
Jenderal Sutarman janji akan kawal pengamanan Pemilu 2014
Jenderal Sutarman janji akan kawal pengamanan Pemilu 2014
A A A
Sindonews.com - Kapolri Jenderal Sutarman berjanji, akan mengawal proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang dengan baik. Namun, dia menyadari masih banyak permasalahan dalam tahapan pemilu kali ini.

"Kemarin sudah ada penetapan daftar pemilih tetap (DPT), masih ada beberapa permasalahan yang harus kami kawal," ungkap Sutarman kepada wartawan, di Markas Komando (Mako) Brimob, Depok, Kamis (14/11/2013).

Sutarman berkomitmen, untuk mengawal proses regenerasi kepemimpinan nasional tersebut. "Itu harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Seluruh komponen masyarakat, harus berperan demi mewujudkan pembangunan nasional," sambungnya.

Mantan Kabareskrim Polri itu menambahkan, saat ini sedang berusaha memetakan konflik, guna mengidentifikasi permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu.

"Kami harus mampu memetakan konflik. Konflik-konflik ini biasanya didahului permasalahan sebelumnya, seperti masalah pemilukada, pertambangan, perkebunan, sengketa lahan dan masalah lain. Sehingga kami harus menyentuh akar masalahnya, agar masalah ini tidak menjadi konflik," paparnya.

Akan tetapi, Sutarman pun mengaku siap menerjunkan anggota Polri jika terjadi konflik dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

"Jika memang sudah menjadi konflik, kemampuan dari Pengendalian Masyarakat (Dalmas), Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) untuk meminimalisir bentrokan," pungkasnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4292 seconds (0.1#10.140)