Menag: Tekan konflik dalam menghadapi pemilu

Jum'at, 08 November 2013 - 18:32 WIB
Menag: Tekan konflik...
Menag: Tekan konflik dalam menghadapi pemilu
A A A
Sindonews.com – Menjelang Pemilu 2014 potensi terajdi konflik sangat terbuka lebar. Untuk itu pemerintah meminta kepada tokoh masyarakat untuk dapat menahan diri dan mewaspadai dalam menjaga kerukunan antar umat.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) mengatakan potensi konflik ada dalam keadaan baik itu Pilkada bahkan pemelu secara nasional. Konflik terjadi dikarenakan, terdapat orang yang membangun sentimen agama maupun sentimen suku dalam pemilukada. Namun SDA yakin tidak ada konflik yang serius terjadi di Indonesia.

“Sampai saat ini tidak ada konflik yang serius, kerukunan antar umat baik suku, agama, dan ras tidak ada masalah,” kata SDA saat ditemui di Jakarta, Jumat (9/11/2013).

Dalam menekan konflik, Menag meminta untuk setiap masyarakat Indonesia agar mewaspadai setiap keadaan. Menurut dia, tidak ada yang dapat menebak waktu kapan konflik itu terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Hari ini kita bisa rukun belum tentu besok. Karena banyak pihak yang ingin menciptakan ketidakrukunan antara masyarakat,” kata Menang.

Menurut SDA, hal termudah dalam menimbulkan ketidakrukunan ialah faktor agama. Untuk itu, setiap masyarakat dan para tokoh agama untuk mejaga gejala yang menimbulkan ketidakharmonisan.

“Kebanyak konflik datang dipicu oleh kekuatan luar. Namun jika dilihat keadaan saat ini profokator tidak mempan,” tegasnya.

Pemilu 2014, pemilu yang krusial
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2819 seconds (0.1#10.140)