Berita penyadapan tak ganggu hubungan Indonesia-Australia

Jum'at, 08 November 2013 - 11:18 WIB
Berita penyadapan tak ganggu hubungan Indonesia-Australia
Berita penyadapan tak ganggu hubungan Indonesia-Australia
A A A
Sindonews.com - Meski berita penyadapan hangat diperbincangkan, namun pemerintah Indonesia memastikan hubungan dengan Australia tidak terganggu tetap berjalan dengan baik.

Hal itu ditegaskan Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa usai melakukan pembicaraan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bhisop di sela pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) ke-6 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (8/11/2013).

Marty menjelaskan, pertemuan lebih diarahkan untuk meningkatkan upaya-upaya bilateral antar kedua negara tetangga. Meski isu penyadapan, sempat mencuat dalam ajang BDF seperti disinggung oleh Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, namun Marty memastikan hal itu tidak sampai mengganggu hubungan bilateral Indonesia-Australia.

Pertemuan yang digelar sebelum Julia hadir sebagai pembicara dalam diskusi interaktif dengan para peserta GDF dipandu Dewi Fortuna Anwar, sama sekali tidak membahas isu penyadapan.

Pertemuan bilateral itu, kata Marty, tidak memfokuskan pada kasus penyadapan yang diduga dilakukan Amerika dan Australia namun lebih fokus membahas BDF dalam mempromosikan dan mendorong kerja sama internasional dan kawasan dalam ranah perdamaian dan demokrasi.

Diketahui, forum ini mendialogkan pertukaran pengalaman dan langkah praktik yang menitikberatkan pada prinsip keadilan, saling menghormati, dan pengertian. Jadi, dalam pertemuan bilateral itu, Australia tidak bisa menyampaikan hal-hal yang
berkaitan dengan intelijen.

Ditegaskan Marty, tali persahabatan antara Indonesia dan Australia sangatlah penting. Hal inilah yang akan tetap menjadi dasar pijakan bagi kedua negara dalam pengambilan berbagai kebijakan ke depannnya.

Menurut rencana, BDF yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dihadiri 86 negara di kawasan Asia Pasifik, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah ditutup siang ini oleh Marty Natalegawa.

Baca berita:
Penyadapan langgar norma pergaulan antar bangsa
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1026 seconds (0.1#10.140)