Pendidikan berkualitas kunci majunya kelautan & perikanan

Senin, 28 Oktober 2013 - 15:15 WIB
Pendidikan berkualitas kunci majunya kelautan & perikanan
Pendidikan berkualitas kunci majunya kelautan & perikanan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menilai mutu pendidikan berkualitas menjadi kunci kelautan dan perikanan yang maju. Melalui sistem pendidikan vokasi yang diselenggarakan KKP, lulusan akan siap bekerja dan mampu menjadi wirausahawan baru.

"Strategi yang dilaksanakan adalah mendorong sarana prasarana praktik di Sekolah Usaha Perikanan Menengah, Akademi Perikanan dan Sekolah Tinggi Perikanan, mampu menjalankan sebuah proses produksi," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo saat membuka Bursa Kerja Kelautan dan Perikanan 2013, di Jakarta, Senin (28/10/2013)

Dikutip dari laman setkab.go.id, Sharif mengatakan, strategi ini tentu saja tidak bermaksud mengubah sekolah menjadi unit produksi yang berorientasi pada perluasan pasar. Namun, lebih kepada agar siswa memiliki keterampilan sebagai bekal setelah lulus untuk menjalankan proses produksi secara utuh dari pemilihan bahan baku, produksi hingga pemasaran.

“Pengalaman ini menjadi penting untuk menghadapi peluang dan tantangan yang dihadapi lulusan. Terlebih setelah disepakatinya penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, dimana kesempatan kerja terbuka bagi negara ASEAN,” jelasnya.

Menurut Sharif, salah satu barometer keberhasilan pendidikan adalah sejauh mana kiprah para alumni dalam menerapkan ilmu yang didapatkannya. Untuk itu, program pendidikan KKP adalah mengembangkan sistem pembelajaran praktik di satuan pendidikan lingkup KKP, melakukan rekruitmen lulusan serta memfasilitasi Praktek Kerja Laut.

Sistem pendidikan KP juga menyediakan program magang praktek sarana prasarana perikanan serta menjadi mitra usaha atau bapak asuh bagi alumni yang merintis menjadi pengusaha pemula.

Baca berita:
7.600 CPNS Kemenkeu berhak ikuti psikotes
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1798 seconds (0.1#10.140)