6.350 lowongan tersedia di sektor kelautan & perikanan

Senin, 28 Oktober 2013 - 14:59 WIB
6.350 lowongan tersedia di sektor kelautan & perikanan
6.350 lowongan tersedia di sektor kelautan & perikanan
A A A
Sindonews.com - Sektor kelautan dan perikanan menyediakan 6.350 peluang kerja, yang terdiri dari 2.945 posisi perikanan tangkap, 154 posisi untuk perikanan budidaya, serta bidang pengolahan perikanan membuka lowongan 550 posisi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo mengatakan, peluang kerja juga terbuka untuk industri maritim dan pengelolaan lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Lowongan tersebut terbagi dalam lima zona, yakni zona kewirausahaan (9 pemilik usaha), zona pelaut perikanan (15 perusahaan), zona budidaya (15 perusahaan), zona pengolahan (5 perusahaan) dan zona industri maritim (10 perusahaan)," kata Sharif saat membuka Bursa Kerja Kelautan dan Perikanan 2013, di Jakarta, Senin (28/10/2013)

Dikutip dari laman setkab.go.id, Sharif memaparkan, KKP memiliki tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan perikanan. Sehingga dapat menyediakan sumber daya manusia berkualitas untuk mengolah dan menjadikan sumber daya kelautan dan perikanan itu menjadi suatu produk yang bernilai tinggi.

Dalam konteks tersebut, KKP berkomitmen mengalokasikan 40 persen kapasitas peserta didik kepada anak nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan.

"Bursa kerja kelautan dan perikanan 2013 ini digelar dalam rangka memfasilitasi percepatan penyerapan tenaga kerja sekaligus menarik minat masyarakat terhadap dunia usaha dan dunia industri di sektor kelautan dan perikanan sebagai implementasi Pilar I Program Nasional Penciptaan Lapangan Kerja dan Peningkatan Kapasitas Angkatan Kerja," ujarnya.

Secara nasional, setiap satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh KKP serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun terus menghasilkan lulusan. Karena itu, tingkat persaingan akan menjadi sangat tinggi dalam memperoleh lapangan pekerjaan dan kesempatan berusaha.

"Saya berharap, para lulusan kelautan dan perikanan dapat memanfaatkan peluang kerja dan usaha pada Bursa Kerja Kelautan dan Perikanan tahun 2013 ini. Selain para lulusan kelautan dan perikanan, tentu saja bursa kerja ini terbuka untuk dimanfaatkan masyarakat umum lainnya,” katanya.

Baca berita:
7.600 CPNS Kemenkeu berhak ikuti psikotes
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7675 seconds (0.1#10.140)
pixels