Rio Capella: Mendagri enggak nyambung!

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 14:22 WIB
Rio Capella: Mendagri enggak nyambung!
Rio Capella: Mendagri enggak nyambung!
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella mengaku bingung dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, yang menyatakan masalah KTP elektronik atau e-KTP tidak ada hubungannya dengan kisruhnya daftar pemilih Pemilu 2014.

Menurutnya, jelas ada hubungannya antara masalah e-KTP dengan kisruhnya daftar pemilih tetap (DPT).

"Sekilas memang tak ada hubungannya, tapi kan dari mana itu Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4) yang didapat KPU? Kan dari Kemendagri," ujar Rio Capella kepada Sindonews melalui sambungan telepon, Jumat (25/10/2013).

Semestinya, kata dia, Kemendagri menyisir terlebih dahulu data yang sebelumnya diserahkan ke KPU, yang sekira 193 juta jiwa tersebut.

"Kemendagri kan menerima data dari pemerintah daerah, lalu DP4 diambil KPU. Lalu KPU mengolah. Tapi temuan KPU ada NIK ganda, KTP ganda, tak ada jenis kelamin, alamat tak lengkap. Harusnya Kemendagri meng-upgrade terus data yang diberikan. Emangnya yang pasang NIK itu KPU?," kata dia.

Terlebih, kata dia, syarat menjadi pemilih itu harus punya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau KTP, atau mereka yang sudah berumur 17 Tahun. "Bingung saya. Menteri enggak <>nyambung ini," ucapnya.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi, memeringatkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella, bahwa masalah KTP elektronik atau e-KTP tidak ada hubungannya dengan kisruhnya daftar pemilih saat ini.

Hal demikian menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Patrice Rio Capella, yang meminta dirinya mundur, karena dinilai tidak mampu menyelesaikan masalah e-KTP, yang menjadi pemicu kisruhnya daftar pemilih yang terjadi saat ini.

Baca juga berita: Soal penambahan DPT, KPU "angkat tangan"
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2206 seconds (0.1#10.140)