Calon Dekan FISIP UI mengerucut jadi 3 orang

Selasa, 22 Oktober 2013 - 18:55 WIB
Calon Dekan FISIP UI mengerucut jadi 3 orang
Calon Dekan FISIP UI mengerucut jadi 3 orang
A A A
Sindonews.com - Saat ini, sebanyak 13 fakultas dan satu program pasca sarjana di Universitas Indonesia (UI) tengah menjaring nama-nama yang akan menjadi bakal calon (balon) dekan. Namun, baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang paling cepat dalam seleksi tersebut.

Dari tujuh calon yang sebelumnya sudah mengikuti uji publik, tiga orang calon dekan FISIP UI sudah terpilih. Mereka adalah Staf Pengajar Departemen Sosiologi Arie Setiabudi, Staf Pengajar Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial Bagus Aryo, dan Staf Pengajar Departemen Hubungan Internasional Fredy BL Tobing.

Pejabat Rektor UI Muhammad Anis mengatakan evaluasi proses seleksi calon dekan sejauh ini berjalan baik dan lancar. Ia menilai proses yang terjadi di FISIP harus dijadikan barometer untuk panitia seleksi fakultas lainnya untuk lebih objektif.

"Kemudian kami juga memberi kesempatan publik untuk beri penilaian, nanti tanggal 1 November akan kami assesment, artinya pejabat rektor, wakil rektor, akan pilih satu dari tiga," ungkapnya di Gedung Rektorat UI, Depok, Selasa (22/10/2013).

Ia menambahkan, pihak rektorat menilai berdasarkan dari penilaian serta data-data yang ada. Anis juga mempersilakan para mahasiswa bisa memberikan saran.

"Mahasiswa kasih masukan, semua calon siapa saja, punya peluang yang sama, dan tak ada intervensi," tukasnya.

Setiap calon dekan, kata Anis, harus memiliki orientasi akademik dan mampu mengedepankan kemajuan fakultasnya. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Majelis Wali Amanat (MWA)-UI nomor 02/SK/MWA-UI/2003 bahwa hanya ada tiga nama yang akan terpilih dan diajukan kepada pimpinan UI. Namun untuk memilih tiga nama tersebut, Rektor UI memiliki hak prerogatif.

"Saya lebih kepada yang umum, kemampuan bagaimana meyakinkan saya, mampu diberi amanah mengembangkan fakultas itu. Kalau datar-datar saja kasihan mahasiswanya. Visioner dan meyakinkan," tandasnya.

Baca berita:
Pilih calon dekan hak prerogatif Rektor UI
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7416 seconds (0.1#10.140)