230 mahasiswa raih beasiswa Tanoto Foundation

Senin, 21 Oktober 2013 - 15:25 WIB
230 mahasiswa raih beasiswa Tanoto Foundation
230 mahasiswa raih beasiswa Tanoto Foundation
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 230 mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi menerima beasiswa mahasiswa berprestasi. Beasiswa ini diberikan Tanoto Foundation untuk memperingati Hari Sarjana Nasional.

Anggota Board of Trustees Tanoto Foundation Imelda Tanoto mengatakan, program beasiswa bagi 230 mahasiswa ini diharapkan dapat mencetak sarjana-sarjana berkualitas. Mereka akan dapat membantu masyarakat Indonesia keluar dari kemiskinan. “National Champion Scholarship ini kami berikan bagi mahasiswa berprestasi, memiliki potensi kepemimpinan namun ada keterbatasan finansial,” katanya pada Penyerahan Beasiswa Tanoto Foundation bagi 230 mahasiswa di gedung Kemendikbud.

Imelda menyatakan, data Kemendikbud pada 2012 menyebutkan angka partisipasi kasar (APK) penduduk usia 19-23 tahun meningkat dari 17 persen pada 2007 menjadi 30 persen pada 2012. Data ini menunjukkan bahwa semakin banyak lulusan sekolah menengah yang melanjutkan ke pendidikan tinggi. Namun, mayoritas lulusan sekolah menengah mengalami akses yang terkendala ke perguruan tinggi. Untuk itu, ujarnya, peningkatan akses melalui beasiswa sangat diperlukan untuk meningkatkan persentase APK.

Imelda menyatakan, 230 mahasiswa ini akan melengkapi 1.800 mahasiswa yang sudah menerima National Champion Scholarship. Sementara untuk mengantisipasi bonus demografi pada 2020-2030 nanti maka program beasiswanya akan dilengkapi dengan pelatihan soft skills dan kegiatan yang mengajarkan nilai juang seperti semangat pantang menyerah. “Kami menginginkan agar generasi emas nanti juga melahirkan pemimpin masa depan Indonesia yang tangguh,” harap Imelda.

Ketua Pengurus Tanoto Foundation Sihol Aritonang menambahkan, selain memberikan dukungan biaya kuliah dan tunjangan bulanan pihaknya juga memberikan program pelatihan keterampilan. Selain tu ada konseling akademis, peluang membangun jejaring antar sesame Tanoto Scholars dan kesempatan menjajaki peluang kerja di sejumlah yang menjadi mitra Tanoto Foundation.

Mendikbud Mohammad Nuh memberikan apresiasi ke semua pihak yang sudah memberikan beasiswa. Dia menjelaskan, sudah tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa manfat beasiswa itu sangat positif untuk peningkatan akses dan kualitas. Baik itu beasiswa bagi mahasiswa miskin yang berprestasi ataupun bagi mahasiswa berprestasi saja.

“Tujuannya ialah untuk memotivasi mahasiswa yang berprestasi untuk berkualitas setinggi-tingginya. Tidak hanya dari pemerintah pusat atau daerah namun organisasi, perusahaan atau perorangan kami harapkan dapat membantu memberikan beasiswa bagi mahasiswa,” jelasnya.

Baca juga berita Pendidikan penting untuk antisipasi ancaman.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5772 seconds (0.1#10.140)