Media punya peran strategis terkait informasi

Kamis, 17 Oktober 2013 - 20:52 WIB
Media punya peran strategis terkait informasi
Media punya peran strategis terkait informasi
A A A
Sindonews.com - Media massa memiliki peranan penting dalam menyebarluaskan informasi. Pentingnya peranan itu membuat media massa menduduki peranan strategis menyebarluaskan informasi optimismis bukan pesimis.

Pasalnya, media merupakan lembaga yang dipercaya masyarakat disamping ormas keagamaan.

"Untuk itu perannya sangat penting dalam mencerdaskan masyarakat," kata Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Tohari saat seminar nasional yang bertajuk 'Peran Media Massa dalam Pendidika Politik' di Faklutas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) Depok, Kamis (17/10/2013).

Menurut dia, peran media yang paling relevan saat ini memberitakan yang baik sehingga bisa menimbulkan rasa optimis dikalangan masyarakat. Media massa cenderung memberitakan hal-hal yang bersifat pesimistik dan cenderung over dosis.

Misalnya saja dalam memberitakan kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR dengan cara-cara yang sangat tidak baik sehingga mengesankan seluruh anggota DPR bersifat baik. "Sepertinya sudah seluruh anggota dewan menjadi buruk," ucapnya.

Padahal anggota dewan merupakan entitas yang beragam yang mempunyai karakter dan sifat-sifatnya berbeda satu dengan yang lainnya, jadi jangan disamaratakan seluruhnya. "Tidak semua anggota DPR buruk karena ada anggota DPR yang baik dan mendapat penghargaan," ujarnya.

Pendiri Center for Election and Political Party (CEPP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI Chusnul Mariyah berharap media dalam memberitakan harus memperhatikan akurasi yang benar dan tepat. "Media mempunyai peran memangun opini dimasyarakat, jangan sampai salah memberitakan karena ketidakakutannya," ujarnya.

Chusnul juga mengatakan, saat ini media kurang memberi perhatian kepada hak dan peran perempuan. Ia bercerita ketika dirinya menggelar acara tentang peran perempuan dan dihadiri oleh banyak wartawan tetapi hanya satu media yang menulis berita tersebut. "Posisi media saat ini masih sangat maskulin," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8025 seconds (0.1#10.140)