PKB setuju wacana koalisi partai berbasis Islam

Kamis, 03 Oktober 2013 - 23:50 WIB
PKB setuju wacana koalisi partai berbasis Islam
PKB setuju wacana koalisi partai berbasis Islam
A A A
Sindonews.com - Partai berbasis Islam diharapkan melakukan koalisi. Terutama dalam memunculkan dan menentukan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI Marwan Jafar mengatakan, walaupun itu masih wacana, tapi hal tersebut juga bagus untuk dilakukan pada Pemilu 2014.

"Wacana dan gagasan itu baik dan patut dihargai. Namun pada tataran realitas masih sangat jauh dari harapan. Sampai hari ini belum ada komunikasi politik baik secara formal maupun informal di antara para pengambil kebijakan (ketua-ketua umum atau pengurus DPP) partai-partai berbasis Islam," katanya dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Kamis (3/10/2013).

Marwan menambahkan, kemudian kesepakatan apa yang harus dimusyawarahkan di antara pengurus partai-partai berbasis Islam juga belum ada sama sekali. Bahkan duduk bersama pun belum pernah terjadi, sehingga masih jauh untuk melakukan koalisi.

"Yang tidak kalah penting, siapa figur yang akan diusung, ini juga belum jelas orangnya dan belum ada kesepakatan di antara partai-partai berbasis Islam. Mengenai figur tentu harus bisa diterima semua partai-partai yang berbasis Islam tersebut. Figur yang diajukan tentu yang punya popularitas dan elektabilitas tinggi, serta punya kapabilitas dan dicintai rakyat," paparnya.

Lanjut Ketua DPP PKB ini, secara rasional politik koalisi akan dibangun dan dilakukan setelah pemilu legislatif, dan setelah mengetahui hasil pemilu legislatif.

"Dalam hal koalisi, bisa jadi tidak hanya dilakukan partai-partai berbasis Islam tetapi koalisi bisa terjadi dengan semua partai peserta pemilu. Sehingga koalisi sifatnya sangat terbuka dengan partai apapun," pungkasnya. (mhd)
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5009 seconds (0.1#10.140)