Hak SBY memilih Sutarman

Jum'at, 27 September 2013 - 16:01 WIB
Hak SBY memilih Sutarman
Hak SBY memilih Sutarman
A A A
Sindonews.com - Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar mengaku terkejut mendengar kabar bahwa Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrm) Komjen Sutarman menjadi calon tunggal Kapolri.

"Masa sih mas? saya belum tahu itu," kata Bambang saat berbincang dengan Sindonews melalui telepon, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Namun, menurut Bambang penunjukan Sutarman secara aklamasi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah hal yang lumrah.

"Karena memang seperti itu mas prosedurnya, itu sudah menjadi keputusan Pak Presiden," tegas Bambang.

Selain itu, menurut Bambang, SBY juga memiliki pertimbangan sendiri mengangkat Sutarman menjadi kandiadat calon Kapolri tunggal.

"Nanti kan seleksinya di Presiden dan Presiden mempunyai tolak ukur untuk seseorang menjadi Kapolri," tandas Bambang.

Untuk diketahui, Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso pagi ini menerima surat resmi yang langsung ditandatangani oleh Presiden SBY untuk memberhentikan Jendral Timur Pradopo sekaligus penetapan Kabareskrim Komjen Pol Sutarman sebagai calon kandidat tunggal pengganti Timur Pradopo.

Untuk itu, DPR akan segera menggelar rapat dan mengadakan uji kelayakan dan kepatutan kepada Sutarman yang diilih oleh SBY sebagai kandidat tunggal pengganti Kapolri.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0903 seconds (0.1#10.140)