Pemerintah harus perbaiki mutu pendidikan dokter

Selasa, 24 September 2013 - 20:19 WIB
Pemerintah harus perbaiki mutu pendidikan dokter
Pemerintah harus perbaiki mutu pendidikan dokter
A A A
Sindonews.com - Pemerintah dituntut untuk memperbaiki sistem pendidikan kedokteran agar tidak terlepas dari sistem pelayanan kesehatan. Hal ini menyebabkan tidak ada sinkronisasi pelayanan kesehatan di masyarakat.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan, akibat dari ketidaksesuaian sistem pendidikan para dokter selama di fakultas dengan sistem pelayanan di masyarakat menjadikan permasalahan dalam dunia pendidikan kedokteran Indonesia.

Menurutnya, saat ini permasalahan ialah mutu lulusan dokter Indonesia yang tidak hanya ditentukan dari produk akhir kelulusan melalui ujian akhir. Tetapi juga pemerintah harus memperhatikan kualitas pendidikan para dokter.

"Saat ini para dokter masih menunjukkan disparitas dan kesenjangan yang cukup lebar. Kesamaan kualitas pelayanan kesehatan diharapkan merata di setiap pelosok daerah," kata Zaenal saat ditemui di Kantor IDI di Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Zaenal mengatakan, selama ini kepekaan sosial dinilai tidak diajarkan selama dalam kegiatan kuliah. Untuk itu dibutuhkan otonomi di setiap perguruan tinggi untuk menciptakan para tenaga pengajar yang kreatif dan inovatif.

Hal ini bermanfaat guna menunjang proses pendidikan dan mutu prodak dokter dan sarjana yang dilahirkan. "Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan terjadi tenaga dokter yang tersosialisasi di masyarakat," ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)