Fathanah & Luthfi Hasan miliki bisnis minyak

Senin, 23 September 2013 - 13:57 WIB
Fathanah & Luthfi Hasan...
Fathanah & Luthfi Hasan miliki bisnis minyak
A A A
Sindonews.com - Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq, dua terdakwa kasus suap pengurusan kuota impor daging sapi pada Kementerian Pertanian (Kementan) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), ternyata juga 'bermain' dalam bisnis perminyakan.

Fakta itu terungkap dalam sidang lanjutan TPPU Fathanah di Pengadilan Tindak Pidana (Tipikor), Jakarta, Senin (23/9/13). Adalah saksi Andi Revi Sose, anak dari pemilik PT Intim Perkasa Andi Pakurimba Sose yang mengungkapkan fakta itu. Bisnis yang dijalankan adalah penampungan minyak.

Fathanah tidak hanya melibatkan Luthfi Hasan, dia juga melibatkan Hudzaifah Luthfi Hasan yang merupakan anak Luthfi Hasan. Menurut Revi, Luthfi dan Hudzaifah sengaja dilibatkan Fathanah dalam PT Intim Perkasa.

Perusahaan inilah yang akan menjalankan bisnis penampungan minyak itu. Fathanah awalnya menyatakan ketertarikannya untuk ikut berinvestasi dibisnis minyak. Kemudian Revi meminta Fathanah mencarikan investor untuk tambahan modal.

Revi sempat negosiasi dengan ayahnya sebelum memutuskan kerjasama tersebut. "Fathanah janji akan mencarikan investor. Tapi tidak lama kemudian dia meminta dimasukkan dalam struktur kepengurusan perusahaan. Dia juga meminta Luthfi Hasan dan anaknya, Hudzaifah, dimasukkan ke dalam kepengurusan," ungkap Revi dalam kesaksiannya di sidang lanjutan Fathanah di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rini Triningsih kemudian membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Andi Revi.

Dalam BAP itu Revi mengaku Fathanah, Luthfi dan Hudzaifah dimasukan dalam struktur perusahaan agar dapat mengamankan investor proyek. Hudzaifah bahkan saat itu, berhasil menarik pemodal asal Korea. "Apa yang mesti diamankan?," tanya Jaksa Rini kepada Revi.

"Mereka (Hudzaifah dan Luthfi) untuk mengamankan proyek. Tapi sepertinya lebih ke mengamankan investor asal Korea, karena itu yang bawa Hudzaifah. Jadi mereka di tengah-tengah," jawab Revi memberi alasan.

Jawaban itu tak memuaskan bagi Jaksa Reni. Karenanya dia kembali mencecar Revi soal status kelulusan Hudzaifah. "Tetapi katanya Hudzaifah baru lulus kuliah? Bagaimana bisa langsung ikut bisnis?," tanyanya.

Revi kemudian menyampaikan, "Ya, saya tahunya seperti itu saja," imbuhnya.

Klik di sini untuk berita selengkapnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)