Ini cara UGM tingkatkan kualitas pendidikan

Rabu, 18 September 2013 - 17:24 WIB
Ini cara UGM tingkatkan kualitas pendidikan
Ini cara UGM tingkatkan kualitas pendidikan
A A A
Sindonews.com - Guna meningkatkan kualitas pendidikannya, Universitas Gajah Mada (UGM) tak hanya ingin mendapatkan akreditasi secara nasional, tapi juga regional dan internasional. Kali ini giliran Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM dinilai oleh ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA).

"Proses penilaian akreditasi dari AUN-QA pada dua prodi di Fisipol ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UGM yang tidak hanya diakui secara nasional namun juga di tingkat regional dan internasional. Kami mendukung AUN-QA sebagai salah sata lembaga akreditasi regional,” ujar Rektor UGM Pratikno, di Yogyakarta, Rabu (18/9/2013).

Saat menerima kunjungan tim penilai akreditasi AUN-QA di kampus setempat, Pratikno menuturkan, sebelumnya enam prodi di UGM juga telah mendapat pengakuan akreditasi dari AUN-QA. Enam prodi tersebut adalah prodi Pendidikan Dokter, Biologi, Kimia, Teknik Sipil, Teknik Geologi dan Farmasi.

“Kita berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan, termasuk didalamnya kompetensi dan profesionalisme dalam memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain memperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan akreditasi dari lembaga regional, beberapa prodi di UGM juga telah mendapat pengakuan dari lembaga akreditasi internasional. Seperti prodi S1 Kimia UGM yang telah mendapatkan akreditasi internasional dari The Royal Society of Chemistry (RSC) dari Inggris.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM pun sampai saat ini masih terus berupaya untuk memperoleh pengakuan akreditasi internasional dari Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB).

UGM sendiri tergabung bersama 26 universitas dari 10 negara ASEAN lainnya di ASEAN University Network yang mengikuti proses visitasi akreditasi dari AUN-QA. Sementara itu, Lead Assesor of AUN Dr Wyona Patalighung mengatakan, lembaganya telah memulai penilaian kualitas prodi di 26 universitas di ASEAN sejak 2007 lalu.

Hingga saat ini sudah ada 40 prodi yang mendapat penilaian dari tim akreditasi AUN-QA. "Semua penilaian yang dilakukan mengacu pada standar yang ditetapkan AUN-QA. Prodi yang mengajukan akreditasi AUN-QA diwajibkan mengirimkan dokumen self assessment report. Dari dokumen tersebut akan dinilai oleh tim penilai lewat visitasi akreditasi ke prodi yang bersangkutan," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7567 seconds (0.1#10.140)