Cegah DPT siluman, PAN rancang software khusus

Sabtu, 14 September 2013 - 17:47 WIB
Cegah DPT siluman, PAN...
Cegah DPT siluman, PAN rancang software khusus
A A A
Sindonews.com - Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk mengecek kebenaran Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilu 2014.

"Ya, kita men-develop software sendiri, software DPT kita menyebutnya," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Teguh Juwarno di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (14/9/2013).

Kata dia, software ini nantinya mampu mendeteksi DPT di wilayah yang akan dilakukan pemeriksaan. Nantinya, diketahui apakah ada masalah atau tidak dari DPT di kawasan tersebut.

"Yang bisa mendeteksi DPT di wilayah tersebut, apakah bermasalah atau tidak," tegasnya.

Lanjut Teguh, salah satu tujuan diciptakannya software ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kecurangan pada pesta demokrasi tahun depan.

"Paling tidak dari kita, kita ingin pemilu itu betul-betul jurdil, fair, dan tidak ada orang menggunakan data (untuk disimpangkan) dan sebagainya," katanya.

Teguh juga menyampaikan kalau perangkat yang akan mereka gunakan tidak memiliki biaya tinggi dan akan ditangani langsung oleh divisi IT partai matahari terbit itu.

"Kalau kemarin tidak terlalu mahal, karena kita ada teman-teman IT," lanjutnya.

Ia pun memastikan kalau alat ini nantinya akan mereka gunakan untuk mengecek keabsahan DPT di seluruh wilayah Indonesia. "Jadi, kita nanti akan secara aktif, kalau sudah mendapatkan data dari KPU, akan melakukan pengecekan. Dan itu bisa diberlakukan untuk seluruh Indonesia," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)