Formappi: Sosialisasi KPU baru sekadar basa-basi

Jum'at, 13 September 2013 - 03:06 WIB
Formappi: Sosialisasi...
Formappi: Sosialisasi KPU baru sekadar basa-basi
A A A
Sindonews.com - Prosentase pemilih yang mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu mendatang memang tak akan melebihi angka 75 persen. Masyarakat tidak melihat ada tawaran baru dari partai politik (Parpol) peserta pemilu yang mampu membangkitkan gairah pemilih.

“Semuanya masih mempertahankan wajah-wajah lama dengan tambahan sedikit wajah baru yang juga tak jelas beda dengan caleg wajah lama,” kata Peneliti Senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus saat dihubungi SINDO, Kamis (12 September 2013) malam.

Di samping itu upaya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lebih banyak sekedar formalitas. Sehingga tidak mampu mengubah cara pandang pemilih tentang urgensi mengikuti pemilu.

KPU mesti bekerja serius menampilkan wajah caleg selengkap mungkin hingga jelas beda caleg yang satu dengan yang lainnya.

“Kalau seperti profil yang sekarang ini semuanya hampir sama dan tidak memberitahukan sesuatu yang berbeda antar caleg satu dengan yang lainnya,” katanya.

Ia melanjutkan, KPU harus memastikan bahwa caleg yang akan dipilih pada pemilu mendatang tersosialisasi secara maksimal ke pemilih. Sosialisasi KPU jangan hanya basa-basi formalistik sekedar menyodorkan nama-nama caleg ke pemilih.

“Pemilih mungkin tidak lebih bodoh dari KPU. Jadi berikan informasi yang memungkinkan pemilih bisa membuat pertimbangan untuk mendatangi TPS pada saat pemilu nanti,” ungkapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)