Pemerintah Indonesia jamin, virus corona aman

Rabu, 11 September 2013 - 16:21 WIB
Pemerintah Indonesia jamin, virus corona aman
Pemerintah Indonesia jamin, virus corona aman
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim, virus corona yang mengancam kesehatan jemaah haji masih dikatagorikan aman.

Wakil Menteri Kesehatan (Menkes) Ali Gufron Mukti mengatakan, virus corona yang banyak menyerang penduduk Arab Saudi masih dapat dikatakan aman oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sebelumnya memang sempat ada tambahan kasus virus corona. Namun jemaah tidak perlu khawatir, karena Pemerintah Indonesia (Kemenkes) sudah lakukan penanganan secara menyeluruh.

Menurut Ali, pemerintah sudah lakukan sosialisasi kepada jemaah haji sejak berada di bus sebelum menaiki pesawat guna memberikan informasi untuk menghindari dari virus corona.

Dia mengatakan, sebelum berjalan, Dinas Kesehatan Haji memberikan pengertian serta pengarahan untuk menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

"Kami juga berikan pengatahuan saat berada di pesawat melalui video kesehatan," tandasnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Menurut Ali, untuk mengantisipasi serangan virus corona saat jemaah kembali ke tanah air, petugas kesehatan sudah memberikan informasi bahwa jika jemaah haji merasakan panas yang tidak biasa, maka diwajibkan untuk melapor tenaga kesehatan setempat.

Selain itu, guna mendeteksi saat jemaah kembali ke tanah air, akan disediakan termo scanner yang akan mengontrol suhu badan jemaah.

"Nantinya alat tersebut dapat mendeteksi naik atau tidaknya suhu badan jemaah. Jadi jika ada yang berbeda suhu badannya, maka alat tersebut akan mendetektor," tegas dia.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8700 seconds (0.1#10.140)