Tak ada dampak sistemik jika Bank Century ditutup saat itu

Rabu, 11 September 2013 - 12:16 WIB
Tak ada dampak sistemik...
Tak ada dampak sistemik jika Bank Century ditutup saat itu
A A A
Sindonews.com - Anggota Tim Pengawas (Timwas) bailout Bank Century Bambang Soesatyo menjelaskan, berdasarkan pengakuan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany tak ada dampak sistemik jika Bank Century ditutup pada saat itu.

"Pengakuan Fuad Rahmany semakin memperjelas bahwa tidak ada dampaknya sistemik. Tidak ada dampaknya andai ditutup saat itu," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini dalam rapat timwas dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Oleh karena itu, Ia pun berpendapat penyelamatan Bank Century bukan untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis ekonomi, melainkan guna kepentingan politik pihak-pihak tertentu.

"Penyelamat Century bukan untuk penyelamatan Indonesia tetapi untuk pihak-pihak tertentu," tegasnya.

Sekadar informasi, perkara Bank Century bermula dengan adanya keputusan pemberian bailout oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang dipimpin Menteri Keuangan kala itu, Sri Mulyani Indrawati.

Mereka menggelar rapat KSSK yang dihadiri oleh Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Boediono dan Sekretaris KSSK Raden Pardede.

Selanjutnya, Sri Mulyani mengambil keputusan dengan melakukan penyelematan terhadap Bank Century yang dianggap gagal dan berdampak sistemik dengan memberikan dana talangan senilai Rp 6,7 triliun pada 21 November 2008.

Pada rapat konsultasi sebelumnya, sejumlah pejabat BI yakin kalau Bank Century adalah bank gagal yang berdampak sistemik dan perlu mendapatkan pertolongan dari KSSK melalui LPS.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7924 seconds (0.1#10.140)