Pemerintah tingkatkan program soal kesehatan gigi di sekolah

Senin, 09 September 2013 - 05:52 WIB
Pemerintah tingkatkan program soal kesehatan gigi di sekolah
Pemerintah tingkatkan program soal kesehatan gigi di sekolah
A A A
Sindonews.com - Direktur Bina Upaya Kesehatan dasar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Dedi Kuswenda mengatakan, pemerintah akan meningkatkan program Upaya Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) di sekolah-sekolah. Caranya dengan memperdayakan para lulusan dokter gigi dan dokter kecil yang ada disekolah.

Menurut dia, pengatahuan mengenai gigi kepada anak harus ditingkatkan, menimal menghindari kerusakan gigi berlubang.

"Selama ini permasalahan gigi memang agak tersendat. Tenaga pengelola gigi dalam upaya pencegahan memang agak kurang dirasakan," ujar Dedi dalam perbincangannya dengan SINDO, Minggu, 8 September 2013.

Dedi mengatakan, petugas kesehatan nantinya akan membimbing para dokter kecil yang bertugas memberikan informasi di sekolah mengenai cara menyikat gigi yang baik dan menjaga kebersihan.
Jika diperhatikan, lanjut dia, bentuk gigi pada anak masa sekarang sangatlah tidak teratur.

Hal itu dikarenakan tidak teraturnya mereka menyikat gigi. "Haikil mulut mereka tidak bagus, bentuk giginya juga jelek," ujar nya.

Dia menambahkan, peningkatan pencegahan atas kesehatan gigi juga akan digalakkan di unit layanan dasar Puskesmas. Layanan kesehatan gigi di Puskesmas juga harus diperluas.

Dia menyebutkan, pada saat ini program UKGS masih belum dilaksanakan oleh 14% Puskesmas di seluruh Indonesia. Hal ini tentu menjadi kendala yang dihadapi pemerintah akibat tidak adanya regulasi yang dimiliki pemerintah pusat untuk mengatur penyebaran dokter gigi.

"Banyak diantara mereka yang membuka praktek sendiri. Sedangkan menjadi dokter PTT adalah kemauan bukan paksaan. Beda dengan lulusan dokter jaman dahulu yang diwajibkan untuk ditaruh di daerah terpencil," jelasnya.

Klik berita soal kesehatan gigi terkait lainnya yang terus menurun, khususnya pada anak.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0989 seconds (0.1#10.140)