Megawati dilema soal Capres PDIP

Jum'at, 06 September 2013 - 16:01 WIB
Megawati dilema soal Capres PDIP
Megawati dilema soal Capres PDIP
A A A
Sindonews.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. PDIP ditengarai tengah dalam dilema memilih capres.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Philips J Vermonte mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memiliki kewenangan dalam penetapan capres dari partai berlambang kepala banteng itu dilema menentukan capres.

"Mungkin Megawati sedang memikirkan bagaimana dia misalnya mengusulkan Jokowi, lalu kader-kader lain yang sudah bangun kariernya gimana juga," ujar Philips di Mango Bistro, Epicentrum Walk, jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2013).

Jika memang benar demikian, menurutnya PDIP perlu menggelar konvensi capres baik itu bersifat terbuka untuk umum ataupun tertutup.

Sebab, kata dia, PDIP saat ini memiliki banyak kader terbaik, yang cukup populer untuk diusung sebagai capres. "Jadi selama dua periode Pemerintahan SBY itu atau 10 tahun ini, ada banyak kader PDIP yang membangun politik secara serius untuk bisa kembali ke power," katanya.

Dalam konvensi itu, yang dipertandingkan harus kader partai. "Sebenarnya ada kompetisi internal, itu bagus dalam partai politik itu kan banyak kader. Kenyataannya, PDIP sekarang punya banyak kader yang bagus. Ganjar Pranowo dan lain-lainnya," pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)