7 mahasiswa UMY akan belajar di Malaysia

Jum'at, 06 September 2013 - 15:48 WIB
7 mahasiswa UMY akan...
7 mahasiswa UMY akan belajar di Malaysia
A A A
Sindonews.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengirimkan tujuh orang mahasiswanya untuk mengikuti student exchange (pertukaran pelajar) di Malaysia.

Pertukaran pelajar itu dilakukan selama enam bulan, para mahasiswa tersebut akan menempuh pendidikan di University Utara Malaysia (UUM).

Tujuh mahasiswa tersebut itu berasal dari International Program of International Relations (IPIREL) UMY angkatan 2011. Mereka ialah Ferryan Nugraha, Fitria Ardianti, Nabila Wulandary MA Malik, Selly Malinda Ayuning Putri, Mira Dewi, Fariz Ramaditya dan Hafiz Setiawan.

"Kami tentu merasa sangat senang dapat mengikuti program pertukaran pelajar ini. Ini kesempatan kami untuk dapat belajar selama satu smester di luar negeri. Dan bagi saya pribadi ini merupakan pengalaman baru," ujar Ferryan Nugraha, di Yogyakarta, Jumat (6/9/2013).

Kepada wartawan, Ferryan menuturkan, ia dan teman-temannya sudah melakukan persiapan yang cukup matang. Mereka pun sudah berbagi cerita dengan mahasiswa UMY lain yang sudah pernah menjalankan program pertukaran pelajar dengan UUM. Tujuh mahasiswa ini rencananya akan bertolak ke Malaysia.

"Selama enam bulan kami akan mengikuti perkuliahan dengan sistem transfer kredit di College of Law, Government and International Studies (COLGIS) UUM," imbuhnya.

Sementara itu, Fitria Ardianti menuturkan jika program student exchange merupakan hal yang penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dan relasi internasional. Melalui student exchange, eksistensi UMY sebagai kampus asal mereka juga dapat ditunjukkan secara lebih.

“Program exchange penting untuk menunjukkan eksistensi kampus ditingkat internasional dan mencari relasi ke Negara lain. Hal itu bisa menjadi benefit untuk kampus,” ungkapnya.

Fitria juga mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk mengikuti pembelajaran di sana karena mata kuliah yang akan dipelajari memiliki kesamaan dengan UMY. Namun, mahasiswi asal Ketapang, Kalimantan Barat itu mengatakan, ia dan rekannya harus menguasai tradisi dan adat budaya daerah asal masing-masing.

"Hal itu bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia yang sempat disengketakan dengan Malaysia. Jadi sewaktu-waktu di sana nanti kita diminta mempertunjukkan budaya Indonesia, kita sudah siap,” jelasnya.

Selly Malinda sendiri mengaku sedang memikirkan bagaimana persaingan belajar yang akan terjadi di sana. Ia pun mempersiapkan diri untuk bisa berprestasi agar bisa membawa nama baik kampus UMY ketika disana.

Dalam tiga tahun terakhir IPIREL UMY dan COLGIS UUM memang telah menjalin kerja sama. Kerja sama yang dibuat salah satunya ialah melakukan pertukaran mahasiswa dengan sistem transfer kredit.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2223 seconds (0.1#10.140)