Anies imbau perguruan tinggi ciptakan agen of change

Jum'at, 06 September 2013 - 03:38 WIB
Anies imbau perguruan tinggi ciptakan agen of change
Anies imbau perguruan tinggi ciptakan agen of change
A A A
Sindonews.com - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengimbau kepada perguruan tinggi di Indonesia, untuk mampu menciptakan lulusan yang bisa menjadi agen perubahan (agen of change) di masyarakat.

Hal itu disampaikan Anies dalam seminar peringatan Dies Natalis Sekolah Pascasarjana UGM. Menurutnya, lulusan perguruan tinggi bukan lulusan pencari kerja.

“Perguruan tinggi itu harus menghasilkan agen perubahan, bukan penyedia tenaga kerja. Di tengah tantangan dunia modern sekarang ini, perguruan tinggi juga harus mengemban perannya sebagai eskalator yang menjembatani kesuksesan mahasiswa, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu," ujarnya, Kamis (5/9/2013).

Sementara Diretur SPS UGM Prof Dr Hartono mengatakan, masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah ketimpangan infrastruktur, sarana dan prasarana dan ketersediaan energi.

Menurutnya, dukungan yang dapat diberikan perguruan tinggi dalam rangka ikut serta memecahkan permasalahan bangsa tersebut, adalah menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dengan pendekatan ilmu monodisiplin, multidisplin, interdisiplin dan transdisiplin.

"Kami sadar akan pentingnya peranan perguruan tinggi mencetak lulusan yang bisa berbuat bagi bangsa ini. Karenanya, kami berusaha mencetak lulusan yang memiliki keahlian ilmu, khususnya memecahkan persoalan bangsa yang ada saat ini," tuturnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7402 seconds (0.1#10.140)