Elektabilitas Demokrat stagnan, Partai Hanura meroket

Senin, 02 September 2013 - 15:33 WIB
Elektabilitas Demokrat stagnan, Partai Hanura meroket
Elektabilitas Demokrat stagnan, Partai Hanura meroket
A A A
Sindonews.com - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) merilis hasil surveinya pada hari ini. Salah satu kesimpulannya adalah elektabilitas Partai Demokrat hanya sebesar 8,9 persen.

Hal itu tidak beda jauh dengan survei berbagai lembaga riset pada tiga atau empat bulan lalu. "Dapat dikatakan elektabilitas Partai Demokrat dalam beberapa bulan terakhir cenderung stagnan," ujar CEO Lembaga Klimatologi Politik Usman Rachman, saat konferensi pers di hotel Grand Menteng, Matraman, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Nasib berbeda dialami Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Tingginya popularitas atau tingkat pengenalan publik terhadap deklarasi pasangan calon Presiden (Capres)-calon Wakil Presiden (Cawapres) yang diusung Partai Hanura, Wiranto-Hary Tanoesoedibjo (Win-HT) membuat elektabilitas Partai Hanura terdongkrak.

"Elektabilitas Partai Hanura yang pada survei LKP Mei 2013 baru sebesar 6,3 persen, kali ini meroket menjadi 10,9 persen," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Partai Hanura bersaing ketat dengan Partai Gerindra memperebutkan posisi ke 3 dan ke 4 dalam ranking elektabilitas partai jelang Pemilu 2014.

Survei LKP ini dilaksanakan pada tanggal 12-18 Agustus 2013 lalu, di 33 Provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 450 responden melalui teknik multi-stage random sampling.

Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) dari survei ini adalah kurang lebih 46 persen dan level of confidence 95 persen.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dengan menghubungi responden via telepon dan berpedoman pada kuesioner.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5979 seconds (0.1#10.140)