Terkait DPT, KPU kumpulkan operator Sidalih se-Indonesia

Jum'at, 30 Agustus 2013 - 21:33 WIB
Terkait DPT, KPU kumpulkan...
Terkait DPT, KPU kumpulkan operator Sidalih se-Indonesia
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi bersama seluruh KPU daerah baik kabupaten atau kota dan provinsi, serta perwakilan masing-masing operator Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) dari seluruh Indonesia.

"Kita adakan acara ini, karena kita kan mau menetapkan DPT (Daftar Pemilih Tetap), jadi kita di sini untuk menyamakan persepsi tentang semua format yang sudah ditetapkan melalui aplikasi Sidalih," ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Husni menjelaskan, KPU Pusat dalam hal ini akan mengarahkan kepada jajaran KPU di daerah, tentang bagaimana agar kualitas data pemilih baik, sebelum ditetapkan menjadi DCT.

"Kita akan mengarahkan bagaimana kualitas datanya baik, instrumen dalam aplikasi itu bekerja maksimal untuk deteksi kegandaan data, variabel yang kosong, NIK kosong itu mau diapain. Misal jenis kelamin kosong mau diapakan, ini forum untuk menyamakan persepsi itu," tuturnya.

Mantan Ketua KPUD Sumatera Barat itu mengungkapkan, sampai saat ini data yang telah masuk ke dalam aplikasi Sidalih sudah mencapai 95 persen. "Sampai sekarang sudah 95 persen data yang masuk, dari total yang kemarin DPS diumumkan 187,5 juta pemilih," imbuhnya.

Selain soal Sidalih, forum itu juga membahas soal anggaran untuk Pemilu 2014. Husni menyebut, anggaran tahapan untuk tahun anggaran 2014 adalah sebanyak 14, 4 triliun. "Anggaran juga dibahas supaya pengalokasiannya tepat berbasis program dan kegiatan," tandasnya.

Forum tersebut akan diselenggarakan dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada 30-31 Agustus berasal dari KPUD se-Jawa dan Sumatera. Sementara sisanya masuk gelombang kedua pada 1-2 September.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0592 seconds (0.1#10.140)