Lestarikan wayang, UGM gelar wayang tingkat internasional

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 21:06 WIB
Lestarikan wayang, UGM gelar wayang tingkat internasional
Lestarikan wayang, UGM gelar wayang tingkat internasional
A A A
Sindonew.com - Kampus UGM sebagai balai nasional kebudayaan merasa prihatin dengan kondisi pewayangan di Indonesia sendiri. Sebagai upaya untuk membangkitkan lagi budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO tersebut, UGM bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menyelenggarakan pameran, dan konferensi wayang tingkat internasional.

"UGM memang berkeinginan mengembangkan tradisi wayang dan mesosialisasikan wayang kepada masyarakat. Kami prihatin, wayang kini sudah tidak diminati generasi muda, padahal dunia sendiri sudah mengakuinya sebagai warisan dunia," ujar Ketua Pengelola Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM Dr Ida Rochani Jumat (15/8/2013).

Kepada wartawan, Ida mengatakan, kegiatan yang bertemakan wayang untuk kemanusiaan ini akan dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2013 di salah satu hotel di Jogya.

Dalam kegiatan tersebut, panitia akan menampilkan kegiatan konferensi ilmiah hingga pertunjukan wayang.

"Kegiatan ini melibatkan para akademisi dan komunitas pemerhati wayang serta masyarakat umum. Intinya, kami ingin memberikan informasi dan publikasi luas kepada mayarakat tentang seni tradisional wayang kulit dalam perkembangan seni tradisional," imbuhnya.
(stb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1154 seconds (10.177#12.26)