Jelaskan Tarian Nusantara kepada Jokowi, Butet Kartaredjasa: Bangun Akar dan Budaya

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 03:24 WIB
loading...
Jelaskan Tarian Nusantara kepada Jokowi, Butet Kartaredjasa: Bangun Akar dan Budaya
Presiden Jokowi menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima seniman Butet Kartaredjasa di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Butet menjelaskan sebuah tarian untuk mengakomodasi keberagaman budaya yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pertemuan kami sore ini dengan Bapak Presiden ialah mempresentasikan sebuah tarian dari Padepokan Seni Bagong Kusudiardjo Yogya, judul tarian itu Nusantara Etam-Nusantara Etam itu artinya nusantara kita," jelas Butet dalam keterangannya, Kamis (3/8/2023).

Butet menilai, masyarakat yang berada di IKN berasal dari beragam suku bangsa mulai dari Dayak, Kutai, Jawa, Melayu, Bugis, dan lain sebagainya. Atas dasar itu, ia berkata, tarian buatannya itu dapat mencangkup kebudayaan lintas etnik dari berbagai suku bangsa tersebut.

"Tarian ini menggunakan motif-motif koreografi dan instrumen-instrumen musik yang mencangkup lintas etnik ini, lintas etnik yang bukan disusun sebagai kolase tapi kita leburkan menjadi satu, menjadi nusantara," ucap Butet.

"Jadi ini semangat untuk membuktikan betapa kemajemukan, keberagaman Indonesia itu kalau disusun dengan baik itu menjadi sesuatu yang keren," sambungnya.

Butet menuturkan, tujuan penyusunan konsep tarian tersebut adalah untuk membangun akar budaya di IKN yang dinilai akan menjadi tempat tinggal masyarakat dengan interaksi di dalamnya.

"Tujuannya untuk membangun akar budaya, karena hari ini IKN itu awalnya adalah hutan, kosong hanya peopohonan dan yang sedang dilakukan adalah infrastruktur bangunan-bangunan fisik," ungkapnya.

"Padahal nantinya ibu kota negara itu akan berisi orang, manusia, manusia di ibu kota yang bisa berinteraksi dengan baik itu punya akar kebudayaan, punya daya rekat yang berbasis budaya," tambahnya.

Selain itu, Butet menyebutkan, tarian yang berdurasi selama enam menit tersebut mendapatkan respons yang baik dari Presiden Jokowi dan direncanakan akan ditampilkan kepada masyarakat.

"Kita tunggu saja nanti kita saksikan Tari Nusantara Etam dalam semangat kemajemukan untuk nusantara raya," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)