SBY imbau militer Mesir hentikan kekerasan terhadap demonstran

Kamis, 15 Agustus 2013 - 20:05 WIB
SBY imbau militer Mesir hentikan kekerasan terhadap demonstran
SBY imbau militer Mesir hentikan kekerasan terhadap demonstran
A A A
Sindonews.com - Aparat Mesir harus menghormati demokrasi. Hal itu diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai mengukuhkan 66 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka).

"Militer mesti menghormati demokrasi,"ujar SBY di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Dalam jumpa persnya, SBY mengaku, penggunaan kekuatan milter dan senjata terhadap pengunjuk rasa yang disebut dengan peaceful demonstration, tentu tidak bisa diterima dan bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi, kemanusiaan dan Hak-hak asasi manusia.

Dia menambahkan bahwa Indonesia berharap kepada Pemerintah Mesir, militer maupun Ikhwanul Muslimin untuk melakukan upaya mencegah lebih banyak lagi korban yang jatuh.

"Indonesia masih berharap dan menyeru kepada para pemimpin dan elite politik, untuk mampu mencegah situasi lebih buruk lagi, agar korban tidak lebih banyak lagi," harapnya.

Seperti diketahui, Pada Rabu (14/8/2013), ratusan orang dilaporkan tewas ketika aparat Mesir menyerbu dua kamp utama pendukung pendukung presiden terguling Mohamed Morsi.

Dalam aksi pembersihan yang dilakukan aparat Mesir di Kairo, dilaporkan 149 orang terbunuh dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)