Kreatifitas kunci parpol & caleg gaet pemilih pemula

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 12:09 WIB
Kreatifitas kunci parpol & caleg gaet pemilih pemula
Kreatifitas kunci parpol & caleg gaet pemilih pemula
A A A
Sindonews.com - Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) memandang, kreatifitas calon anggota legislatif (caleg) merupakan modal dasar untuk menggaet 30 persen pemilih pemula di Pemilu 2014.

"Kreatifitas caleg sangat menentukan," kata Direktur Sigma Said Salahudin kepada Sindonews di Jakarta, Sabtu (10/8/2013).

Menurutnya, ada tiga kategori pemilih pemula dalam setiap Pemilu yang bisa dijadikan lumbung suara bagi caleg dan partai politik (Parpol).

"Pertama, pemilih pemula yang orientasi politiknya dipengaruhi faktor keluarga, kategori ini adalah mereka yang keluarganya sudah mempunyai prefensi pada partai tertentu," jelasnya.

Kategori kedua, Said menguraikan adalah pemilih pemula yang mengikuti gaya hidupnya dalam menentukan parpol pilihannya. "Pemilih yang melihat parpol sesuai gaya hidup, ketika mereka cenderung bersikap liberal, dalam keluarga, pergaulan bisa ke partai modern," tegasnya.

Terakhir adalah pemilih pemula yang memiliki sikap kritis dan cenderung mencari partai baru sebagai bagian dari perubahan atas parpol yang selama ini ada.

"Terakhir, mereka yang tumbuh jadi anak muda kritis mereka well inform mengikuti perkembangan dan interest pada politik, dia punya interest pada partai pembaharuan atau partai baru," tegasnya.

Karena itu, kata dia, kreatifitas caleg sangat diperlukan untuk bisa menggaet tiga kategori pemilih pemula tersebut guna meraih suara pada pesta demokrasi tahun depan.

"Semua akan kembali pada partai politik pada pemilih pemula, kalau approach tidak mengena belum tentu memilih partai itu atau calegnya, nah di sini diperlukan personal touch dari partai melalui calegnya. Nah kreatifitas itu penting," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6943 seconds (0.1#10.140)