Aset Robert Tantular di Jersey mulai dibekukan

Selasa, 06 Agustus 2013 - 13:41 WIB
Aset Robert Tantular  di Jersey mulai dibekukan
Aset Robert Tantular di Jersey mulai dibekukan
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 16 juta dolar Amerika dari 40 juta dolar Amerika, yang menjadi aset terpidana kasus korupsi mengenai Bank Century Robert Tantular di New Jersey akan segera dibekukan.

"Aset yang terdeteksi ada 16 juta doar Amerika dan itu yang akan kami bekukan," kata Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Amir Syamsuddin di kantornya, Kuningan, Jakarta, Selasa (6/8/2013).

Menurutnya, aset yang ada di Jersey saat ini tidak dapat dicairkan, tapi proses pembekuan sedang berlangsung.
"Langkah awal sudah ada, tidak boleh dicairkan dan melalui proses hukum mengajukan pembekuan ke Kejaksaan Agung Jersey," jelas Amir.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM melakukan kunjungan ke Inggris (Bailiwick of Jersey dan London) pada 28 Juli-4 Agustus 2013 lalu untuk meminta bantuan Kejaksaan Agung Jersey agar membekukan aset yang diduga berasal dari tindak pidana Bank Century.

Menurutnya Pemerintah Jersey sudah berkomitmen untuk membantu. "Pihak Jersey menyampaikan komitmen dan dukungan untuk menindaklanjuti permintaan MLA (Mutual Legas Assistance) Pemerintah Indonesia, terkait kasus Bank Century di Jersey," ungkapnya.

Seperti diketahui, Polri bersama tim gabungan tengah berupaya mengembalikan aset negara terkait kasus Century di 12 lokasi di antaranya Hong Kong, Jerman, Amerika Serikat, Bahrain, Singapura, Siprus, Bahama, Inggris, Mauritania, Bermuda dan Swiss sebesar Rp14 triliun.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7513 seconds (0.1#10.140)