Lucu, wakil Tuhan kok dipilih wakil rakyat

Sabtu, 27 Juli 2013 - 14:48 WIB
Lucu, wakil Tuhan kok...
Lucu, wakil Tuhan kok dipilih wakil rakyat
A A A
Sindonews.com - Mantan Hakim Asep Iwan Iriawan menilai ada yang salah dalam logika lembaga kehakiman di Indonesia. Pasalnya, jabatan hakim yang harusnya berdiri sendiri bukan ditentukan dan diangkat oleh lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Menurut Asep, seharusnya lembaga kehakiman seperti Mahkamah Agung (MA) harus terpisah dari lembaga politik seperti DPR. Hal itu untuk mengantisipasi kewibawaan hakim. Pemilihan hakim agung harus melalaui fit and proper test yang dilakukan anggota DPR RI juga dinilai keliru.

"Ini ada konsep yang salah. Kenapa wakil Tuhan itu hakim? Tapi lucu, kenapa wakil Tuhan disini (Indonesia)dipilih wakil rakyat (DPR). Ini aneh, ini lucu," ucapnya, di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (27/7/2013).

Selain itu, Asep menuturkan, banyaknya kasus suap yang melibatkan banyak hakim bisa dimaknai wakil Tuhan tersebut telah menodai amanat yang disampaikan Tuhan tentang konsep keadilan.

"Ulah hakim yang seperti itu (suap) mengakibatkan perintah Tuhan terhadap wakil Tuhan (hakim) itu menghilangkan konsep keadilan Tuhan," tuturnya.

Beberapa waktu lalu, staf pendidikan dan pelatihan (Diklat) Mahkamah Agung Djodi Supratman dan seorang pengacara dari kantor lawyer Hotma Sitompul bernama Mario Carmelio Bernardo ditangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya ditangkap lantaran terlibat suap untuk penanganan kasus yang sudah sampai pada kasasi MA.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0057 seconds (0.1#10.140)