KPU imbau parpol tak permasalahkan soal DPS

Kamis, 25 Juli 2013 - 09:30 WIB
KPU imbau parpol tak permasalahkan soal DPS
KPU imbau parpol tak permasalahkan soal DPS
A A A
Sindonews.com - Lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan, partai politik (Parpol) tak perlu khawatir mengenai Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang telah diumumkan. Pasalnya, DPS sendiri sudah ditransfer ke tiap-tiap parpol peserta pemilu.

Demikian dikatakan Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah. Menurutnya, data DPS sudah disampaikan ke masing-masing parpol sejak hari pertama pengumuman DPS dipublikasikan ke masyarakat.

"Ya dibagi ditingkat kecamatan soft copy dalam bentuk CD," jelas Ferry, di kantor KPU, Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Sementara itu, hasil rekapitulasi secara nasional yang sudah diterapkan pihak KPU tidak lagi dibagikan kepada parpol, karena alasan kepentingan internal KPU.

"Oh tidak (diberikan ke parpol). Kalau ingin melihat hasil rekapitulasinya, parpol dan semua orang bisa cek di web KPU juga," jelasnya.

Ferry melanjutkan, kesempatan yang diberikan KPU kepada masyarakat akan dimanfaatkan betul oleh KPU sebagai bahan perbaikan DPS. Sesudah itu, tugas KPU akan melakukan pemutakhiran ulang bagi masyarakat yang belum terdaftar atau terdata ganda.

"DPS diperbaiki jika ada tanggapan, ada masukan terhadap data yang belum masuk. Data yang seharusnya dicoret karena meninggal, ganda akan dimasukkan menjadi DPS hasil perbaikan (DPSHP)," ucapnya.

Selain itu, berdasarkan tahapan jadwal informasi pemilu, KPU berencana akan mengumumkan DPSHP mulai tanggal 17 sampai dengan 23 Agustus mendatang.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6509 seconds (0.1#10.140)