KPK siap investigasi mafia proyek Hambalang

Jum'at, 19 Juli 2013 - 20:49 WIB
KPK siap investigasi mafia proyek Hambalang
KPK siap investigasi mafia proyek Hambalang
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku siap menginvestigasi mafia-mafia proyek dalam proyek pembangunan Pusat Pelatihan Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional ( SP3ON) di Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, tersangka Andi Mallarangeng dan Teuku Bagus serta Anas Urbaningrum belum ditahan karena ada data yang harus dilengkapi dulu oleh penyidik. Data itu bukan soal perhitungan kerugian negara.

Ia menjelaskan, perhitungan itu akan segera selesai. Menurutnya, pernyataan Teuku Bagus bahwa ada mafia dalam proyek Hambalang itu akan divalidasi oleh KPK.

"Akan kita investigasi siapa mafia-mafia yang dimaksud oleh TBMN itu. Jadi kita dalami lebih detail, kita verifikasi, kita validasi baru kita simpulkan," kata Abraham usai buka puasa dan diskusi media di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/7/13) malam.

Abraham melanjutkan, penyidik sudah menyampaikan kepada dirinya bahwa belum ada kesimpulan terkait penerapan TPPU terhadap Andi Mallarangeng. Pasalnya, belum ada bukti awal yang menunjukan potensi tersebut. Yang jelas, jika ada penyidik menemukan itu akan disampaikan ke pimpinan.

"Jadi belum ada kesimpulan. Bukan soal AAM siap atau tidak," tandasnya.

Pernyataan terkait mafia proyek itu dilontarkan oleh tersangka mantan Direktur Operasional I PT Adhi Karya Teuku Bagus M Noor usai diperiksa sebagai tersangka Jumat (19/7/13) sore.

Saat keluar gedung KPK pukul 17.01 WIB, dia menolak memberikan keterangan banyak. Yang jelas dia merasa PT Adhi Karya diperalat oleh oknum dan mafia proyek Hambalang.

"Kita diperalat. Adhi karya dan kebanyakan kontraktor lain kami diperas dan diperalat oleh mafia proyek, untuk lebih jelas tanya pengacara saya, Pak Hario," ungkapnya singkat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1267 seconds (0.1#10.140)