BLSM jadi proyek elite akar rumput

Senin, 01 Juli 2013 - 18:40 WIB
BLSM jadi proyek elite akar rumput
BLSM jadi proyek elite akar rumput
A A A
Sindonews.com - Pengamat kebijakan politik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago mengatakan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) hanya jadi proyek elite akar rumput.

Yang dimaksud Andrinov elite akar rumput adalah, mulai dari kepala desa, tokoh lingkungan dan tokoh komunikasi di daerah mencari manipulasi data. Mereka mempunyai alasan untuk memanipulasi data untuk ketentraman pihak-pihak tertentu.

"Akibatnya terjadi penyimpangan data sahingga menjadi salah sasaran, hal ini nbanyak terjadi di daerah," ungkapnya saat dihubungi KORAN SINDO, Senin (1/7/2013).

Lebih lanjut Andrinov menjelaskan, terlebih untuk jatah raskin, banyak beras yang diendapkan di rumah bupati dan lurah yang tidak dibagi, tetapi malah diperjualbelikan. Menurutnya, kekeliruan seperti tidak mau mengevaluasi dengan benar dan berkaca dalam pengalaman Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 2005 dan 2008. Hal ini berkaitan dengan pendataan yang tidak akurat, akibatnya salah sasaran dalam penerimanya.

"Terjadi banyak penyimpangan dalam pendataan. Secara tidak adil dalam mendaftarkan, karena kerabat yang diutamakan dan jatah yang harusnya dikasih malah diperdagangkan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9492 seconds (0.1#10.140)