Kepergian TK pengaruhi langkah politik Megawati

Rabu, 12 Juni 2013 - 07:36 WIB
Kepergian TK pengaruhi langkah politik Megawati
Kepergian TK pengaruhi langkah politik Megawati
A A A
Sindonews.com - Selain Megawati Soekarnoputri, sosok Almarhum Taufiq Kiemas (TK) dipandang memiliki pengaruh penting di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain ikut mendirikan PDIP, Taufiq juga menduduki posisi penting sebagai Ketua Dewan Pembina PDIP.

Lantas, apakah meninggalnya Taufiq Kiemas akan mempengaruhi langkah politik Megawati ke depan? Pengamat Politik Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, kepergian Almarhum Taufiq Kiemas akan berpengaruh besar terhadap PDIP.

"Secara internal, Taufiq Kiemas adalah sosok yang jadi penopang Megawati dan memposisikannya sebagai pemersatu partai," ujarnya kepada Sindonews, Rabu (12/7/2013).

Secara eksternal, kata Situ Zuhro, Taufiq Kiemas berperan sebagai penyeimbang antara PDIP dengan pemerintah dan partai-partai lain. Ketiadaan sosok Taufiq Kiemas tentunya akan dirasakan oleh PDIP sebagai sebuah kehilangan besar.

"Namun, pada saat yang sama juga akan mendorong para elite PDIP untuk melanjutkan cita-cita, idealisme, gagasan-gagasan atau ide-ide Taufiq Kiemas," kata dia.

Sebagai Ketua Umum PDIP dan juga istri, menurut dia, Megawati bisa jadi akan mempertimbangkan secara serius beberapa poin penting yang pernah disampaikan Taufiq Kiemas, seperti antara lain "perlunya regenerasi" dalam Pilpres 2014.

Ia menambahkan, tak tertutup kemungkinan PDIP akan mengadopsi ide Taufiq Kiemas yang secara kalkulasi politik dan prediksi politik ke depan dinilai cukup cermat.

"Karena pernyataan-pernyataan Taufiq Kiemas mempertimbangkan kebutuhan grass roots (akar rumput) atau wong cilik. Sehingga usulan-usulan Taufiq Kiemas bisa jadi memang cukup mendasar dan karena itu patut diakomodasi PDIP," pungkasnya.

Laela
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4138 seconds (0.1#10.140)