PKS bermanuver, Setgab tetap solid

Sabtu, 08 Juni 2013 - 10:42 WIB
PKS bermanuver, Setgab tetap solid
PKS bermanuver, Setgab tetap solid
A A A
Sindonews.com - Sikap tegas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak kebijakan pemerintah untuk menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai tidak akan berpengaruh terhadap soliditas internal sekretariat gabungan (Setgab) partai koalisi pendukung Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kapal (setgab) tidak akan pecah sebelum lima tahun pemerintahan SBY," ujar pengamat politik Hanta Yudha dari Pol-Tracking Institute, dalam diskusi Polemik Sindo Radio "Perahu retak Setgab" di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2013)

Menurutnya, dinamika politik yang terjadi di dalam Setgab, disebabkan sistem internal dan perilaku elite partai politik masing-masing. Termasuk perilaku yang ditunjukan PKS merupakan bagian dari strategi partai tersebut untuk meraih simpatik publik. "Bagian strategi pencitraan, upaya dongkrak elektabilitas, itu sah-sah saja," kata dia.

Selain itu, kata Hanta, bisa juga perilaku PKS itu bagian dari strategi untuk meningkatkan posisi tawar terhadap koalisi. Bahkan, lanjut Hanta, sikap tegas PKS itu merupakan bentuk akumulasi kekecewaan terhadap partai penguasa. "Bisa saja itu untuk memperkut posisi (PKS) di koalisi," tukasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5994 seconds (0.1#10.140)