Kemenkes terapkan INA CBGs lewat SJSN

Jum'at, 07 Juni 2013 - 19:19 WIB
Kemenkes terapkan INA CBGs lewat SJSN
Kemenkes terapkan INA CBGs lewat SJSN
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tegaskan, Indonesia Case Based Group (INA CBGs) akan diterapkan pada Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) 2014, selain itu penentuan tarif akan diumumkan sekira bulan Juli.

Dirjen Bina Upaya Kesehatan (BUK) Kemenkes, Akmal Taher mengatakan, tarif untuk INA CBGs masih dalam tahap pengkajian, diusahakan pada awal Juli akan selesai untuk pengelompokan 1077 jenis penyakit.

Dalam penetapan tarif, tentunya tidak akan mengurangi hak rumah sakit dan pasien dalam porsinya masing-masing. Angka yang akan ditetapkan setiap porsinya bukan hasil tebak-tebakan, melainkan pengalaman dan observasi.

Menurutnya, yang terpenting dalam pengevaluasian keuangan adalah cost atau biaya yang akan dipergunakan untuk banyak hal.

“Ini yang menjadi inti evaluasi, perubahan harga untuk obat yang habis digunakan, rawat inap, serta fasilitas yang diberikan, alat-alat kesehatan habis pakai dan lainnya,” kata Akmal saat ditemui di Kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Akmal mengatakan, INA CBGs adalah sistem paket yang akan dikelompokkan berdasarkan jenis penyakit dengan ketentuan pembiayaan atas pengelaman pengobatan selama ini. Hal ini akan digunakan rumah sakit dalam ketetapan pembiayaan. "Hal ini bertujuan untuk dapat mengefisien tanpa mengurangi mutu dan fasilitas yang diberikan," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)