Pospenas telan biaya Rp5,5 M

Jum'at, 07 Juni 2013 - 02:02 WIB
Pospenas telan biaya Rp5,5 M
Pospenas telan biaya Rp5,5 M
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VI di Gorontalo, akan dilakukan selama tujuh hari dari 24 sampai 30 Juni 2013, diikuti oleh utusan santri dari 33 provinsi.

Dia mengatakan, ada 21 kategori olahraga dan seni yang akan diberlombakan,m 10 katagori olahraga seperti bola voli, bola basket, tenis meja, pencak silat, futsal, bulutangkis, sepaktakraw, senam santri 2010 dan hadang.

Sedangkan 11 kategori seni yang akan diperlombakan adalah seni qosidah kolaborasi, kaligrafi, podato tiga bahasa, fotografi islami, seni lukis islam, kriya, hadrah, video cerita pendek (dokumenter), fragmen, cipta pusisi, dan stand up comedy.

Menurutnya, saat ini panitia sudah mempersiapkan 10 tempat akomodasi yang dapat menampung sekira 2215 peserta. Dengan jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp5.554 miliar.

"Pemerintah belum memberikan anggaran dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) karena masih dibintangi oleh DPR," ucapnya saat ditemui di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Kamis (6/6/2013).

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) mengatakan, menyebarnya keberadaan pesantren saat ini, tentunya menjadi perhatian pemerintah. Karena banyaknya potensi yang dimiliki pesantren mulai dari para santri, pengembangan ajaran agama Islam, kreativitas, seni, dan perekonomian.

Suryadharma menjelaskan, diselenggarakanya Pospenas menjadi bukti pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang beriman dan bertaqwa. Kemudian sehat jasmani dan rohani, berkualitas serta mampu untuk berdaya saing baik nasional dan internasional. Selain itu meningkatkan pembinaan dan pengembangan olahraga dan seni pada generasi muda.

"Melihat modal yang dimilki oleh SDM para pesantern tentunya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan Pemda (Pemerintah Daerah) untuk menggali itu," tandasnya saat ditemui di Kantor Kemenag.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6431 seconds (0.1#10.140)