Dua kali mangkir rapat, Timwas lobi pimpinan KPK

Kamis, 30 Mei 2013 - 18:29 WIB
Dua kali mangkir rapat,...
Dua kali mangkir rapat, Timwas lobi pimpinan KPK
A A A
Sindonews.com - Tim Pengawas (Timwas) rekomendasi DPR untuk kasus Bank Century melobi pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) supaya bersedia memenuhi undangan rapat di DPR.

Komunikasi antar pimpinan Timwas Century dengan pimpinan KPK tengah diupayakan agar pihak KPK bersedia duduk bersama untuk membahas perkembangan penuntasan kasus yang merugikan negara hingga Rp6,7 triliun itu.

"Ada persoalan komunikasi yang kurang lancar. Saya percaya kalau komunikasi lancar maka akan cair lah," kata Ketua Timwas rekomendasi DPR untuk kasus Bank Century, Sohibul Iman di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/5/2013).

Dia menjelaskan, berdasarkan aturan, Timwas bisa saja melakukan panggilan paksa terhadap pihak KPK. Namun, upaya ini bisa dihindari jika lobi antar pimpinan berjalan lancar dan pihak KPK bersedia memenuhi undangan Timwas Century pada 5 Juni 2013 mendatang.

Maka itu, dirinya berharap pihak KPK mau berbesar hati dan memenuhi undangan Timwas Century. "Koridornya (pemanggilan paksa) ada, tapi harus bijaksana. Agar mekanisme pemanggilan paksa tidak dipakai, maka kita komunikasi saja. Ini mekanisme ketatanegaraan, ya biasa saja," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPK dua kali mangkir dalam rapat dengan Timwas rekomendasi DPR untuk kasus Bank Century. Pihak Timwas menegaskan, jika dalam undangan berikut pihak KPK kembali mangkir, berdasarkan ketentuan bisa dilakukan upaya pemanggilan paksa.

"Karena menurut UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) kami bisa memanggil paksa. Kami harus lihat suratnya apakah alasanya jelas apa tidak. Ini KPK seperti melakukan disfestifalisasi Century," tukas anggota Timwas Century, Hendrawan Supratikno, Jakarta, Rabu 29 Mei 2013.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0705 seconds (0.1#10.140)